Candi Jawi (Jajawa)


Sang Bhatara Civa Budha dhinarma ring Jajawa

Candi Jawi terletak di kaki G. Welirang, tepatnya di Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Candi yang berada ditepi jalan menuju Tretes dari Pasuruan, memiliki suasana sejuk, khas pegunungan. Akses transportasi cukup mudah. Candi yang berlatar Hindu Siwa dan Budha, terlihat jelas di puncak yang berbentuk stupa (lambang Budha) dan ruang utama yang bersisi yoni (seharusnya dilengkapi lingga sebagai lambang Siwa.

Pararaton menyebutkan bahwa Sri Kertanegara, sang bhatara siwa budha didharmakan di Jajawa. Identifikasi Jajawa dengan candi Jawi tidak serta merta dari kemiripan nama saja, namun juga dilihat dari percampuran unsur Hindu Siwa dan Budha yang terlihat dari candi Jawi. Relief candi Jawi, meskipun saya belum bisa mengetahui cerita apa (biasanya relief menggambarkan tentang cerita dalam kitab dengan penggambaran disesuaikan kondisi setempat).

Relief pada Candi Jawi memperlihatkan tentang keadaan suatu bangunan suci, mirip dengan bentuk Candi Jawi, disertai dengan iring-iringan raja (terlihat dari kendaraan kuda, Gajah, prajurit peniup terompet, prajurit perang), sekelompok biksu dan pendeta yang duduk, dan aneka hidangan. Sekilas kemungkinan relief tersebut seperti mengisahkan peresmian candi Jawi itu sendiri. Mungkinkah? (seperti judul lagu era 90’an akhir) relief candi tidak bersumber suatu kitab, melainkan peristiwa riil yang digambar?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s