Candi Pari


Candi yang berlokasi di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur ini bernafaskan agama Hindu. Candi Pari diperkirakan berasal dari masa Majapahit, melihat struktur batu bata sebagai bahan pembuat candi dan angka diatas pintu gerbang ruang utama 1293 saka (ditambah 78 tahun sehingga diperoleh 1371 M). Nama candi Pari diambil dari nama tempat candi tersebut berada.

Perjalanan menuju Candi Pari cukup mudah dari jalur Sidoarjo-Malang, namun harus sering bertanya kepada penduduk sekitar. Hal ini diperlukan karena papan nama candi minimalis (baik dari segi jumlah maupun ukuran).

Candi Pari sampai saat ini (saat penulis berkunjung) masih digunakan sebagai tempat pemujaan/keperluan spiritual. Didalam ruang utama masih terlihat batu peripih, arca, dan beberapa perangkat upacara. Arca yang ada sudah terlihat rusak namun masih dapat dikenali melalui senjata yang dibawa, yaitu cakra (menurut penulis) sehingga diperkirakan sebagai Dewa Wisnu.

Didepan candi terdapat pendopo tempat masyarakat yang menggelar upacara berkumpul, namun juga sebagai tempat tamu/pengunjung beristirahat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s